Dapatkan Kulit yang Jernih dengan Skincare Eksfoliasi


Pernah gak ngalamin kulit kusam, dekil, komedoan, bahkan susah putih walau sudah pakai macam-macam skincare? Penyebabnya bisa jadi karena produk yang emang gak mempan di kamu, atau kulit kamu yang gak pernah di-eksfoliasi. Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati. Jadi kulit kita itu perlu dikasih skincare yang berperan sebagai eksfoliator agar bisa diperbarui. Aplikasi aja upgrade rutin, masa kulitmu nggak? :)

Jenis-Jenis Eksfoliasi

Ada 2 macam eksfoliasi: physical exfoliant dan chemical exfoliant. Physical exfoliant berbentuk butiran scrub, cotton, pad, sponge, brush atau apa pun yang bisa dipegang secara fisik. Penggunaannya paling praktis karena tidak terlalu melibatkan skincare lain. Sedangkan chemical exfoliant cenderung berupa cairan yang memiliki kandungan kimia acid. CMIIW. Yang paling aman sih jenis chemical, tapi kamu harus tahu pantangan-pantangannya karena gak semua skincare bisa dipake barengan acid.

Kenali Lebih Dalam Soal Chemical Exfoliant

Chemical yang biasa dipakai eksfoliasi tediri dari AHA, BHA, dan PHA.

AHA singkatan dari Alpha Hydroxy Acid atau juga disebut glycolic acid yang berasal dari tebu. AHA merupakan senyawa acid yang bersifat water-soluble (larut dalam air) sehingga juga bisa memberi kelembaban dan aman bagi kulit kering. AHA selain mengangkat sel kulit mati juga bisa memperbaiki masalah hyperpigmentasi, lho! Misalnya seperti warna kulit yang tidak merata, memudarkan bekas jerawat, dan flek hitam.

Sedangkan BHA singkatan dari Beta Hydroxy Acid atau juga disebut salycilic acid yang berasal dari pohon willow. Karena BHA bersifat oil-soluble (larut dalam minyak) maka dia cocok untuk jenis kulit berminyak. BHA bisa bekerja lebih jauh ke dalam pori-pori dibanding AHA, sehingga bisa menghilangkan jerawat dan komedo.

Sedangkan PHA singkatan dari Poly Hydroxy Acid yang aman untuk kulit sensitif karena hanya bekerja di permukaan. PHA bisa mengikat air dan mengubahnya menjadi moisturizer alami sehingga tingkat iritasi yang dihasilkan paling rendah ketimbang saudaranya AHA dan BHA. Namun tetap saja ya, jika kamu menggunakan ketiga zat ini di pagi atau siang hari, kamu harus pakai sunscreen setelahnya.

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner


Eksfoliator pertama yang saya rekomendasiin adalah Miracle 30 Days Toner dari Some By Mi yang mengandung AHA, BHA, dan PHA. Karena memiliki tiga zat eksfoliator, maka tingkat keberhasilan yang dijanjikan semakin besar. Kulit kamu akan semakin bersih, bebas dari jerawat dan komedo. Toner ini diperkaya dengan kandungan ekstrak Tea Tree yang berperan sebagai anti-imflamasi, anti-irritant, dan memberi efek calming pada kulit yang sedang rewel akibat jerawat. Ada juga Niacinamide (turunan vitamin B3) yang dapat memudarkan bekas jerawat sehingga kulit cepet banget balik lagi ke kondisi semula.

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner ditujukan untuk:
  • Kamu yang ingin terbebas dari jerawat, komedo, sel kulit mati dalam 30 hari.
  • Kamu yang membutuhkan perawatan eksfoliasi untuk memudarkan flek membandel.
  • Kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif.
  • Kamu yang mendambakan kulit mulus untuk hasil make up sempurna.

Benton Aloe BHA Skin Toner


Kali ini saya menghadirkan toner kedua yaitu Benton Aloe BHA Skin Toner. Sebenarnya Benton lebih dulu hadir ketimbang Some By Mi, namun karena iklan Some By Mi lebih heboh maka saya mulai mempelajari eksfoliasi dari Some By Mi. Kembali ke Benton, jadi toner ini hanya menawarkan 2 kandungan, yaitu Aloe Vera (ekstrak lidah buaya) dan BHA (salicylic acid). Saya pribadi lebih menyukai produk yang memiliki komposisi sedikit mungkin dan tidak memasukkan apa pun yang tidak diperlukan, sehingga saya tidak perlu kebingungan dalam memahami cara kerjanya.

Aloe Vera berperan sebagai anti-inflamasi, bisa menenangkan tapi juga bisa melembabkan. Sedangkan BHA lebih berfokus pada segala masalah yang dialami oleh si kulit berminyak, seperti menyembuhkan jerawat, menghilangkan komedo, dan mengecilkan pori-pori. Melihat dari 2 kandungan tersebut, Benton Aloe BHA Skin Toner ini bisa melakukan dua tugas sekaligus, yaitu hydrating sekaligus exfoliating.
Benton Aloe BHA Skin Toner ditujukan untuk:
  • Kamu yang lebih menyukai skincare dengan komposisi yang tepat sasaran.
  • Kamu yang berjenis kulit normal, kombinasi, hingga berminyak karena Aloe Vera dan BHA sangat cocok untukmu.
  • Ingin mengobati jerawat agar tidak terus-terusan meradang.
  • Ingin sebuah toner yang praktis dengan kemasan pum higienis dan isi lebih banyak.

Neogen Dermalogy Bio Peel Gauze


Satu lagi, ada eksfoliator ketiga yang merupakan gabungan dari physical dan chemical yaitu Neogen Dermalogy Bio Peel Gauze! Peeling yang satu ini sangat unik karena dapat kita pegang secara fisik, kita menggosok-gosokan satu pad ke wajah ibarat kita memakai scrub, tapi juga setiap pad ini menganggung glycolic acid atau lactic acid yang merupakan turunan dari AHA. Fungsinya tentu saja dapat mengangkat sel-sel kulit mati namun dapat menghaluskan kulit setelahnya.
Yang perlu diperhatikan mengenai Neogen Dermalogy Bio Peel Gauze:
  • Harus menyisihkan budget lebih karena harganya cenderung lebih mahal.
  • Praktis dan inovatif, karena gabungan physical dan chemical dengan resiko iritasi paling minim.
  • Ada 3 variant yaitu Lemon (brightening), Greentea (acne solution). dan Wine (anti-aging).
  • Tersedia dalam bentuk sachet agar lebih travel-friendly.
Jadi, sudahkah kamu menentukan skincare eksfoliasi untuk ditambahkan ke dalam rutinitas skincare-mu? Kalau masih bingung, disini kami siap membantu kok! Hubungi via Whatsapp +6283827560555 ya!

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Saya kepo dengan some by me itu, banyak yang make dan katanya worth it, kan jadi pengen nyobain juga jadinya, saya mah gitu, suka terpengaruh dan suka nyoba-nyoba, untung kulit wajah saya kebal hahaha

    BalasHapus